Koneksi VPN di Android

Koneksi VPN di Android Image
Tidak dipungkiri lagi, semua ponsel Android yang keluar saat ini merupakan ponsel pintar yang memiliki banyak fungsi. Contohnya adalah koneksi internet, WiFi, eMail, games, aplikasi dan masih banyak lagi. Hampir semua fungsi pada komputer sudah terwakili Android.
Jika anda sering menggunakan internet, anda pasti mengenal VPN (Virtual Private Network) yang biasa digunakan untuk koneksi internet. VPN merupakan alternatif untuk koneksi internet yang lebih aman, lebih stabil dan lebih cepat dari pada koneksi konvesnsional, terlebih jika menggunakannya untuk koneksi business anda.
Sama seperti pada komputer/notebook, sekarang Android pun sudah bisa digunakan untuk koneksi VPN, menggunakan fitur bawaan yang ada di Android. Sebagai bahan percobaaan, kita gunakan layanan VPN gratis dari http://www.freepptpvpn.com yang bertipe PPTP-VPN (09 Juni 2011).
Di bawah ini langkah kerja menggunakan Free PPTP VPN:
  • Pastikan Android anda terkoneksi ke internet menggunakan koneksi konvensional seperti WiFi atau koneksi 3G dengan kartu GSM atau CDMA.
  • Pilih Settings, Wireless and Networks, VPN Settings dan pilih Add VPN.
  • Pilih Add PPTP VPN karena server yang sedang kita gunakan adalah bertipe PPTP.
  • Pada bagian VPN name, tuliskan nama koneksi (Anda bisa menuliskan nama apa saja sesuai kehendak anda).
    Koneksi VPN di Android Image
  • Pada bagian Set VPN Server ketikkan us.freepptpvpn.com, sesuai dengan petunjuk pada website free PPT VPN.
    Koneksi VPN di Android Image
  • Beri tanda pada bagian Enable Encryption.
  • Di bagian DNS Search domains, kosongkan saja bagian ini jika koneksi anda sudah menggunakan DNS yang stabil. Jika ingin merubahnya, anda bisa menggunakan DNS dari Google atau OpenDNS.
    Koneksi VPN di Android Image
  • Setelah semua telah disetting, simpan konfigurasi tersebut dengan memilih Save.
Setelah pengaturan selesai, sekarang saatnya melakukan test dengan mengkoneksikan Android ke VPN. Tekan nama profile yang sudah dikonfigurasikan tadi, kemudian masukkan username dan password yang disediakan. Tunggu sebentar sampai Android terkoneksi ke server VPN.
Update!
Mohon maaf, setelah trik ini saya coba lagi, ternyata sekarang sudah tidak bisa digunakan lagi. Saya kurang tahu kenapa karena saya sekarang jarang menggunakan Android. Terima kasih banyak atas kunjungannya diBlog ini.

DOWNLOAD
Single Links (Recommended)

Ditulis Oleh : Unknown ~Free Shop Ilmu

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Koneksi VPN di Android yang ditulis oleh Free Shop Ilmu yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 20:21:00

0 comments:

Post a Comment