Cara Mendinginkan Laptop Yang Terlalu Panas

Cara Mendinginkan Laptop Yang Terlalu Panas - Free Shop Ilmu - ketika sudah asik bekerja dengan leptop kesayangan kita, terkadang kita sering lupa dengan hal-hal yang sepele, seperti menaruh laptop diatas bantal atau sering dipangku biasanya itu menjadi sebab terjadinya overhead. pasalnya kebiasaan tersebut membuat kinerja sistem pendingin yang terdapat didalam notebook menjadi kurang maksimal.
Cara Mendinginkan Laptop Yang Terlalu Panas
Jangan anggap remeh jika laptop sobat memiliki panas berlebihan karena bisa membuat laptop bisa menjadi hang dan lebih ekstrim lagi bisa menyebabkan komponen-komponene laptop terbakar.

Selain mengurangi kebiasaan menaruh notebook diatas bantal, karpet atau di pangku. berikut tips mengurangi panas berlebihan pada laptop dengan memanfaatkan power setting yang ada di menu windows power options. untuk mengakses pertama sobat klik menu Control Panel lalu klik pilihan Power Options, Select Change plan setting dan Select Change advanced power setting.

  1. Pastikan bahwa pada Windows power settings Laptop, sobat sudah mengaktifkan pendingin/cooling pada level tertinggi. Pada Laptop, pilihan menu untuk mengaktifkan pendingin pada Laptop ini bervariasi, tapi biasanya ada opsi yang menyatakan “active cooling” atau “maximum performance”. Selalu pilih performa pendingin yang paling tinggi untuk menjaga kipas berjalan lebih lama dan lebih kuat mendinginkan sistem
  2. Aktifkan semua menu power saving baik itu untuk CPU, grafis, kartu wireless, dan sebagainya. Ini sebetulnya fisika sederhana. Semakin banyak power yang Laptop sobat konsumsi, maka semakin panas pula Laptop sobat. Jika sobat bersedia mengorbankan sedikit kinerja dengan mode power yang lebih rendah, maka panas yang akan dihasilkan oleh Laptop pun akan lebih sedikit.
  3. Beberapa Laptop dirancang untuk mengkonsumsi lebih banyak daya ketika baterainya dipasangkan. Meskipun pengaturan daya-nya sudah diatur, hal tersebut tidak akan menghasilkan efek yang signifikan. Setelah sobat melakukan tips di poin kedua di atas, sebaiknya sobat mencoba untuk mencabut charger Laptop pada saat digunakan. Hal ini cukup signifikan untuk mendinginkan notebook.
  4. Banyak Laptop yang ventilasi udaranya terletak di bagian bawah casing. Jadi, ketika sobat meletakkan Laptop di pangkuan atau di benda-benda lainnya yang empuk, kinerja pendingin/kipas jadi tidak maksimal. Oleh sebab itu, upayakan untuk selalu menggunakan Laptop dengan alas yang keras/kokoh seperti meja, lantai, dan sebagainya.
  5. Cara lain yang paling jelas untuk mencegah terjadinya overheat pada Laptop adalah dengan menambahkan cooling pad. Tapi hal ini terkadang membuat Laptop menjadi kurang portabel.
Sekian postingan saya kali ini semoga bermanfaat.
DOWNLOAD
Single Links (Recommended)

Ditulis Oleh : Unknown ~Free Shop Ilmu

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Cara Mendinginkan Laptop Yang Terlalu Panas yang ditulis oleh Free Shop Ilmu yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Blog, Updated at: 05:12:00

8 comments:

  1. kalo ane cukup pakai kipas aja sob

    ReplyDelete
  2. @snutzpark pakek kipas batre nya cepat habis sob, tapi tak apa sob.. thanks..

    ReplyDelete
  3. Waw, sangat bermanfaat ni postingan. Tapi kalo laptop, pada saat booting langsung mati, tanpa ngerestart.
    Itu trouble di apanya ya?
    Follow sukses, follow balik ya :)

    ReplyDelete
  4. @Rendy wah saya belum pernah menalami ni sob, mungkin karena over heat sob, atau bisa jadi terinveksi virus sob... thans follownya.

    ReplyDelete
  5. klo di kasih es batu gmana gan ?? wkwk

    ReplyDelete
  6. @Fajrin Ilham H dijamih cepet masuk recyle bin... hahaha

    ReplyDelete